Technology

Tantangan Keamanan Cyber Tahun 2024 Diprediksi Lebih Berat

cybersecurity vs hacker

Hacker

Laporan terbaru dari Netskope memaparkan sejumlah tantangan besar dalam keamanan siber yang dihadapi perusahaan pada tahun 2023.

Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata 29 dari 10.000 pengguna perusahaan mengklik tautan phishing setiap bulan. Selain itu, pengunduhan rata-rata 11 Trojans per bulan per 10.000 pengguna membawa dampak serius, dengan organisasi ukuran menengah dapat memiliki 132 Trojans diunduh setiap tahun.

Serangan Cyber Berawal Dari Dokumen

Sedangkan penggunaan aplikasi cloud terkemuka seperti Microsoft OneDrive dan SharePoint menjadi tempat umum terdeteksinya malware, sementara serangan utama berasal dari Rusia, mencapai 70%.

Laporan tersebut juga menyoroti peningkatan signifikan dalam penggunaan aplikasi kecerdasan buatan generatif (AI), di mana 12% karyawan perusahaan mengakses setidaknya satu aplikasi generative AI setiap bulan.

Namun, dari perspektif keamanan, kekhawatiran muncul karena banyak pengguna berbagi data sensitif yang dapat digunakan untuk melatih model bahasa besar secara publik.

Selain itu, dengan lonjakan penggunaan aplikasi cloud dan lebih banyak karyawan yang mengaksesnya dari lokasi remote, permukaan serangan cyber semakin meluas.

Dalam menghadapi tantangan ini, Netskope merekomendasikan pengendalian yang cermat terhadap data yang dapat diungkapkan kepada aplikasi AI generatif, dan bersama dengan pelatihan tambahan bagi pengguna akhir untuk memahami risikonya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version