Finance

Bitcoin ETF Disetujui SEC, Harga BTC Cenderung Turun

BITCOIN ETF disetujui SEC Amerika

SEC Setujui Bitcoin ETF

Regulator keuangan AS atau Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), menyetujui exchange-traded funds (ETF) Bitcoin pertama kalinya, menandai peristiwa penting dalam dunia keuangan khususnya set kripto. Keputusan ini membuka pintu bagi investor untuk dengan mudah berpartisipasi dalam pasar Bitcoin tanpa perlu repot-repot mengelola dompet kripto mereka sendiri.

Perusahaan Besar Siap Masuk Pasar Bitcoin

Dengan 11 spot Bitcoin ETF yang tersedia dari perusahaan seperti Grayscale, Fidelity, dan BlackRock serta pihak institusional lainnya, seperti dana pensiun dan asuransi, kini memiliki akses yang lebih mudah untuk memutarkan dana bahkan berspekulasi dengan masuk kepasar Bitcoin.

Meskipun Bitcoin telah diterima di dalam sistem keuangan dan pasar amerika, dikutip dari laman situs kripto, Chairman SEC, Gary Gensler, tetap memberikan peringatan akan risiko yang terkait dengan kripto. Meskipun demikian, berita ini memicu kegembiraan di kalangan investor kripto, karena perusahaan yang berpatisipasi dalam pasar ETF berpotensi akan membeli Bitcoin untuk mendukung portofolio mereka.

Harga Bitcoin Turun Paska Disetujui SEC

Paska disetujui peratusan ETF harga bitcoin pada pasar cenderung turun hingga 0.2% sedangkan memicu kenaikan hingga 8% untuk aset lain seperti Ethereum yang dipicu kabar akan disetui juga masuk dalam pasar ETF. Penurunan ini bukan tanpa alasan, beberapa investor melakukan penjualan karena sebelumnya sudah naik sebanyak 170% sejak awal maret tahun 2023 yang berawal dari harga $16000.

Bitcoin Mulai Dipajaki

Sebagai contoh, Bitwise mulai meluncurkan Dengan ETF Bitcoin dengan diberi kode BITB dan mematok pungutan fee pada tiap pembelian hanya 0.20%, sama seperti pungutan pajak kripto dipasar indonesia yang menarik pajak 0.20% untuk jual dan 0.21% untuk membeli. Langkah ini memicu investor institusional tradisional dapat memasuki ruang kripto dengan lebih mudah, mengubah dinamika permintaan terhadap Bitcoin dalam jangka panjang.

Sebelumnya, SEC selalu menolak proposal untuk ETF Bitcoin, dengan alasan ketidakamanan bagi investor. Namun, pengadilan yang membatalkan penolakan SEC terhadap ETF Grayscale membuka jalan untuk persetujuan saat ini. Sebagai langkah signifikan dalam pasar kripto,

ETF Bitcoin dapat merubah cara investor melihat dan berinvestasi dalam aset kripto, menggeser fokus dari perusahaan kripto seperti Coinbase dan MicroStrategy. Meski begitu, kebingungan sempat muncul karena pengumuman palsu di media sosial sehari sebelumnya yang menyebutkan persetujuan ETF Bitcoin, menggarisbawahi tingginya minat dan perhatian terhadap perkembangan ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *